
Guru Besar Prof. Dr. Taufiqurokhman, A.Ks, S.Sos, M.Si dalam Orasi Ilmiah menegaskan bahwa kualitas layanan yang tanggap, tepat waktu, dan ramah memiliki peran penting dalam membangun kepercayaan antar pemerintah dengan warga negara.
Baca juga: Guru Besar UMJ lakukan International Joint Research Bahas Kinerja Tribologi Pelumas Pendingin Udara
Hal tersebut disampaikan saat orasi ilmiah dalam Pengukuhan Guru Besar di Auditorium K.H. Ahmad Azhar Basyir Gedung Cendekia UMJ, Kamis (06/02/25). Ia menyampaikan orasi ilmiah yang bertajuk Pemerintahan Digital: Dampak Kualitas Layanan Elektronik terhadap Kepercayaan dan Kepuasan Publik dalam Pelayanan Publik Berbasis E-Government.
Taufiq menekankan pentingnya peningkatan kualitas layanan elektronik dalam membangun kepercayaan dan kepuasan publik.
“Pemerintahan digital atau e-Government berperan penting dalam meningkatan kualitas layanan publik dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Dengan e-Government dapat mempercepat, meningkatkan efisiensi, dan mempermudah akses terhadap layanan publik,” kata Guru Besar bidang Ilmu Governansi Digital ini.
Namun, berbagai tantangan dan hambatan menghambat implementasi e-Government di Indonesia, seperti keterbatasan infrastruktur teknologi di wilayah terpencil, kurangnya keterampilan digital di kalangan pegawai, isu keamanan data, regulasi yang belum sinkron, serta tantangan budaya dan sikap masyarakat.